Rapat Koordinasi TPID Sulbar, Ini Hasilnya! - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Rapat Koordinasi TPID Sulbar, Ini Hasilnya!

Rapat Koordinasi TPID Sulbar, Ini Hasilnya!

9 Januari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Mamuju - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Barat menggelar rapat koordinasi di Kantor Sekda Sulbar guna membahas perkembangan harga pangan dan strategi pengendalian inflasi di wilayah tersebut (09/01). Berikut rangkuman poin-poin diskusi yang menjadi fokus perbincangan:


1. Peran Pemerintah Kabupaten dalam Pengendalian Inflasi



Kepala Biro Ekbang Sulawesi Barat, Masriadi Nadi Atjo, menyoroti pentingnya peran Pemerintah Kabupaten dalam mengoptimalkan pelaporan harga pangan dan intervensi langsung terhadap pengendalian harga. Diharapkan agar Pemerintah Kabupaten dapat lebih aktif berpartisipasi dalam upaya pengendalian inflasi.


2. Intervensi pada 10 Komoditas Utama



Pemerintah Provinsi dan Kabupaten melalui TPID disepakati dapat melakukan intervensi pada 10 komoditas dengan bobot tertinggi yang mempengaruhi laju inflasi. Langkah ini diharapkan dapat memberikan efek positif dalam mengendalikan harga-harga di pasar.


3. Program Fasilitasi Distribusi Pangan



Strategi fasilitasi distribusi pangan melalui pemberian subsidi diidentifikasi sebagai cara paling efektif dalam pengendalian inflasi di Sulawesi Barat. Subsidi Pangan Beras dan Komoditi Perikanan, seperti Ikan Layang, Ikan Cakalang, dan Ikan Bandeng, menjadi fokus utama program ini karena memberikan bobot tertinggi dalam pengaruh harga pasar.


4. Target Inflasi 2024 dan Peran Bank Indonesia



Bank Indonesia Sulawesi Barat menetapkan target inflasi pada tahun 2024 sebesar 2,5% +- 1% (1,5% - 3,5%). Deputi Kepala Perwakilan BI Sulbar, Achmad, menyampaikan peran penting bank sentral dalam menjaga stabilitas harga dan ekonomi daerah.


5. Monitoring Harga oleh BPS



Kepala BPS Sulawesi Barat, Tina Wahyufitri, menjelaskan bahwa BPS melakukan monitoring perkembangan harga secara mingguan dengan menggunakan data SP2KP setelah mendapat SK sebagai Pembina Statistik Sektoral. Data statistik ini dianggap penting untuk mempertajam perencanaan dan sebagai evaluasi.


6. Komoditas Utama dan Angka Inflasi



Pada Desember 2023, cabai rawit, cabai merah, dan bawang merah menjadi komoditas utama penyumbang inflasi, sedangkan kontribusi dari komoditas ikan-ikanan mampu meredam laju inflasi. Angka inflasi bulanan Desember 2023 sebesar 0,14%, dengan inflasi tahun kalender dan tahun ke tahun Mamuju sebesar 1,82%, di bawah rata-rata nasional 2,61%.


7. Perubahan Kebijakan dan Hasil Rilis Angka Inflasi



Kepala BPS Sulbar, Tina Wahyufitri, menekankan bahwa kebijakan pengendalian inflasi perlu dievaluasi secara berkala. Jika kebijakan dianggap tidak efektif pada minggu pertama, maka perubahan dapat dilakukan pada minggu ke-2. Mulai Februari 2024, BPS Provinsi Sulawesi Barat akan merilis angka inflasi Sulawesi Barat, bukan hanya angka inflasi Mamuju.


8. Konsumsi Sigaret Kretek Mesin sebagai Komoditas Utama


Berdasarkan diagram timbang Hasil SBH 2022, konsumsi sigaret kretek mesin menjadi komoditas dengan bobot tertinggi di Provinsi Sulawesi Barat, mengungguli konsumsi ikan layang. Hal ini memberikan gambaran konsumsi masyarakat yang perlu diperhatikan dalam kebijakan pengendalian inflasi.


Rapat dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh terkait, termasuk Kepala Biro Ekbang Sulawesi Barat, Masriadi Nadi Atjo, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulbar, Achmad, dan Kepala BPS Sulawesi Barat, Tina Wahyufitri. Para peserta sepakat untuk terus berkoordinasi dalam upaya menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi di Sulawesi Barat.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik