Pastikan Kualitas & Akurasi Data Sensus Pertanian, BPS Sulbar Laksanakan Rapat Verifikasi - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Pastikan Kualitas & Akurasi Data Sensus Pertanian, BPS Sulbar Laksanakan Rapat Verifikasi

Pastikan Kualitas & Akurasi Data Sensus Pertanian, BPS Sulbar Laksanakan Rapat Verifikasi

24 Oktober 2023 | Kegiatan Statistik


[Mamuju, 24 Oktober 2023] – Dalam upaya untuk memastikan kualitas dan akurasi data pertanian, BPS Provinsi Sulawesi Barat melakukan rapat verifikasi data hasil pengolahan Sensus Pertanian 2023. Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas data yang diperlukan untuk perencanaan dan pengembangan sektor pertanian.


Sensus Pertanian 2023 telah selesai dilaksanakan oleh BPS, baik itu pendataan usaha pertanian perorangan (UTP), perusahaan pertanian berbadan hukum (UPB), dan usaha pertanian lainnya (UTL). Saat ini, tahapan ST2023 yang sedang dilakukan oleh BPS adalah tahapan pengolahan data dan verifikasi data ST2023.


Tahap pengolahan dijadwalkan pada Juli – September 2023. Pada kondisi 22 September 2023, progres entri dokumen Provinsi Sulawesi Barat sudah selesai 100 persen.


Dalam pelaksanaan verifikasi data ST2023, BPS Provinsi Sulawesi Barat sedang melaksanakan tindak lanjut pengecekan anomali data yang terdiri dari 3 tipe tindak lanjut yaitu perbaikan langsung, konfirmasi ke petugas, dan groundcheck. 


Selain ketiga tipe tindak lanjut tersebut, BPS Provinsi Sulawesi Barat juga kembali melakukan pengecekan jumlah UTP yaitu dengan mencermati kembali kesesuaian jumlah UTP pada aplikasi REPO ST2023 dibandingkan dengan Hasil Pengolahan Data ST2023 pada web entri ST2023.


Sudah banyak tahapan yang sudah dilalui dalam pelaksanaan Sensus Pertanian 2023. Dalam menyukseskan ST2023, BPS membutuhkan peran seluruh stakeholder, yang dalam ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, dan Dinas Ketahanan Pangan.


Kepala BPS Provinsi Sulawesi Barat, Tina Wahyufitri menyatakan, “Kegiatan Verifikasi Data Hasil Pengolahan ST2023 ini sangat dibutuhkan sebagai sarana dalam menghasilkan data pertanian yang berkualitas. Pada kegiatan ini, diharapkan agar dilakukan pencermatan secara optimal data hasil pengolahan sementara ST2023.”


Statistisi Ahli Utama BPS, Adi Lumaksono menambahkan, “kolaborasi internal Tim ST2023 BPS maupun Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah perlu diperkuat, terus bahu membahu dalam menyukseskan ST2023 sebagai kegiatan nasional untuk kepentingan bersama.”


BPS Provinsi Sulawesi Barat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses Sensus Pertanian 2023 dan kegiatan verifikasi data ini.


Dengan data yang akurat dan dapat diandalkan, Kepala BPS Provinsi Sulawesi Barat berharap dapat memajukan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia khususnya di Sulawesi Barat.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik