Pelatihan Indepth Study SEEA 2024, Kepala BPS Sulbar Menekankan Kegiatan Statistik Berdampak - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Pelatihan Indepth Study SEEA 2024, Kepala BPS Sulbar Menekankan Kegiatan Statistik Berdampak

Pelatihan Indepth Study SEEA 2024, Kepala BPS Sulbar Menekankan Kegiatan Statistik Berdampak

27 Juni 2024 | Kegiatan Statistik


Mamuju, 27 Juni 2024 - BPS Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan pelatihan In-Depth Study System of Environmental-Economic Accounting (SEEA) tahun 2024 secara hybrid selama 3 hari efektif. Kelas daring dilaksanakan pada 24-25 Juni 2024 serta kelas luring dilaksanakan pada 27 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari semua kabupaten serta peserta dari provinsi dengan total peserta 17 orang.

Instruktur nasional berasal dari Direktorat Neraca Produksi BPS RI, Pipit Ronalia, serta didampingi pendamping Instruktur nasional dari Neraca Produksi BPS Sulbar, Irwanti Hadnus. Ketua Tim Neraca Wilayah dan Analisis Statistik, M. La’bi menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk membekali petugas di lapangan untuk mendapatkan informasi kontribusi ekonomi hijau terhadap PDB. “Tema SEEA tahun 2024 adalah ekonomi hijau, diharapkan dari indepth study SEEA 2024 diperoleh kontribusi ekonomi hijau terhadap PDB,” terang M. La’bi.

Kepala BPS Sulbar, Tina Wahyufitri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para petugas statistik dalam memahami dan mengimplementasikan SEEA. SEEA merupakan kerangka kerja akuntansi nasional yang mengintegrasikan data ekonomi dengan data lingkungan. "Kegiatan statistik harus berdampak," tegas Tina. "SEEA dapat membantu kita dalam memahami hubungan antara ekonomi dan lingkungan, dan menghasilkan data yang dapat digunakan untuk merumuskan kebijakan yang berkelanjutan," lanjut beliau. 

Pelatihan berlangsung lancar dengan menghasilkan peserta terbaik dari Kabupaten Pasangkayu, Dimas, Kabupaten Mamuju, Andine, serta Kabupaten Polewali Mandar, Nusrat. “Progres pelatihan cukup baik dengan melihat indikator nilai pretest yang rata-ratanya masih di bawah standar dan setelah pelatihan nilai posttest sudah di atas 90,” terang Irwanti. 

Pada acara penutupan Kepala BPS Sulbar juga mengapresiasi panitia, Instruktur Nasional, dan semua peserta, sehingga kegiatan bisa berjalan dengan sangat baik. Beliau juga berpesan untuk selalu mematuhi jadwal dan memperhatikan kesehatan. “Patuhi jadwal dan jaga kesehatan,” tutup beliau. (*)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik