Siap Laksanakan Pendataan Lengkap Koperasi & UMKM, BPS Sulbar gelar Rapat Teknis Daerah - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Siap Laksanakan Pendataan Lengkap Koperasi & UMKM, BPS Sulbar gelar Rapat Teknis Daerah

Siap Laksanakan Pendataan Lengkap Koperasi & UMKM, BPS Sulbar gelar Rapat Teknis Daerah

28 Agustus 2023 | Kegiatan Statistik


Mamuju – BPS Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Rapat Teknis Daerah Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Senin (28/08/2023). Acara yang dilaksanakan di Grand Maleo Hotel and Convention Mamuju ini menghadirkan tiga narasumber dari eksternal, yaitu Tjahjo Purnomo, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Barat, Bau Akram Dai, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Barat, dan Octarez Abi Ibrahim, Branch Manager BRI Mamuju. Peserta berasal dari Disdagperinkop, media massa, BPS Kabupaten dan BPS Provinsi.


Acara dimulai dengan laporan panitia oleh Markus Uda, Kepala Bagian Umum, kemudian sambutan oleh Kepala BPS Provinsi Sulawesi Barat, Tina Wahyufitri. Tina menekankan agar persiapan dan koordinasi dalam pelaksanaan pendataan lapangan PL-KUMKM disiapkan dengan matang agar berjalan tepat waktu dan menghasilkan data yang berkualitas. Sosialisasi kepada masyarakat melalui media massa dilakukan agar pemanfaatan data hasil PL-KUMKM yang nantinya akan tersedia di basis data tunggal KUMKM dapat dimanfaatkan oleh stakeholder secara optimal.


Acara ratekda PL KUMKM 2023 Provinsi Sulawesi Barat ini dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Barat. Bapak Dr. Yakub F. Solon, S.H, M.Pd. Dalam sambutannya, Bapak Yakub menyambut baik pelaksanaan PL KUMKM 2023 dimana dari kegiatan ini akan dihasilkan basis data terpadu (BDT) UMKM yang berkualitas, dimana data yang berkualitas akan sangat bermanfaat untuk berbagai program pembangunan.


Satu per satu narasumber menyampaikan materinya yang dimoderatori oleh M. La’bi, Statistisi Ahli Madya. Materi yang disampaikan berasal dari 3 narasumber yaitu dari kanwil DJPb yang berjudul “Mewujudkan Administrasi PL KUMKM yang akuntabel”, dari Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Barat dengan judul "Pemanfaatan Data PL-KUMKM untuk Indonesia Maju” dan Dari BRI cabang Mamuju yang berjudul “Fasilitas Perbankan Untuk PL-KUMKM 2023”


Acara dilanjutkan dengan sesi komisi yang membagi tim-tim dalam PL-KUMKM sesuai dengan bidang masing-masing. Di sesi komisi ini, para peserta ratekda berdiskusi aktif membahas perencanaan dan strategi yang akan digunakan untuk mengawal pendataan lapangan PL-KUMKM yang berkualitas dan penyelesaian administrasi kegiatan yang lengkap. Di akhir sesi komisi, dihasilkan kesepakatan ratekda.


Pada akhir acara, dibacakan poin-poin kesepakatan ratekda dari seluruh komisi oleh Dina Srikandi, Statistisi Ahli Muda, lalu dilanjutkan dengan penutupan oleh Kepala BPS Provinsi Sulawesi Barat. Tina Wahyufitri mengingatkan untuk menjaga komitmen bersama dalam mengawal keberhasilan PL-KUMKM, BPS Kabupaten berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mendapatkan surat dukungan pimpinan daerah, melakukan sosialisasi kepada stakeholder terkait, lakukan supervisi untuk memantau skop dan kualitas, serta periksa kewajaran data sedini mungkin dengan fasilitas sandboxing yang disediakan.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik