Sulawesi Barat Catat Inflasi Year on Year 1,25 Persen pada Mei 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Sulawesi Barat Catat Inflasi Year on Year 1,25 Persen pada Mei 2024

Sulawesi Barat Catat Inflasi Year on Year 1,25 Persen pada Mei 2024

3 Juni 2024 | Kegiatan Statistik


Mamuju, 3 Juni 2024 – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mencatat inflasi year on year (y-on-y) di Sulbar pada Mei 2024 sebesar 1,25 persen. Angka ini menempatkan Sulbar sebagai provinsi dengan inflasi terendah di antara 38 provinsi di Indonesia.


“Capaian ini menunjukkan kinerja pengendalian inflasi di Sulbar yang konsisten dan terkendali,” ungkap Kepala BPS Sulbar, Tina Wahyufitri, dalam rilis pers yang diadakan hari ini.


Lebih lanjut, Tina menjelaskan bahwa inflasi tertinggi di Sulbar terjadi di Mamuju dengan 2,21 persen, sedangkan inflasi terendah terjadi di Kabupaten Majene dengan 0,63 persen.


“Terdapat beberapa faktor yang mendorong inflasi pada Mei 2024, di antaranya kenaikan harga pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau; kelompok kesehatan; kelompok transportasi; dan kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya,” ujar Tina.


Di sisi lain, beberapa kelompok pengeluaran mengalami penurunan indeks, seperti kelompok pakaian dan alas kaki; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga; kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga; dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan.


“Meskipun mengalami inflasi, BPS optimistis bahwa inflasi di Sulbar akan tetap terkendali dalam batas yang wajar,” pungkas Tina.


Pj Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, yang turut hadir dalam rilis pers ini, mengapresiasi kinerja BPS dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulbar dalam menjaga stabilitas harga di daerahnya.


“Kami akan terus bersinergi dengan berbagai pihak terkait untuk menjaga stabilitas harga dan daya beli masyarakat,” tutur Bahtiar.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik