BPS Sulbar Gelar Coaching Statistik, Perkuat Koordinasi dan Tingkatkan Kualitas Data Sektoral - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

BPS Sulbar Gelar Coaching Statistik, Perkuat Koordinasi dan Tingkatkan Kualitas Data Sektoral

BPS Sulbar Gelar Coaching Statistik, Perkuat Koordinasi dan Tingkatkan Kualitas Data Sektoral

28 Februari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Mamuju, Sulbar – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berkomitmen untuk memperkuat koordinasi dan meningkatkan kualitas data statistik sektoral di wilayahnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan Coaching Statistik Melalui Intensive Class (COSMIC) Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral pada 28-29 Februari 2024.


Kegiatan COSMIC ini diikuti oleh perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat. Pada kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi tentang Sistem Statistik Nasional, Satu Data Indonesia, dan tata cara pengisian formulir rekomendasi kegiatan statistik sektoral melalui Aplikasi Romantik Online.


Kepala BPS Sulbar, Tina Wahyufitri, mengatakan bahwa rekomendasi kegiatan statistik merupakan bentuk peranan BPS dalam pembinaan statistik sektoral. Hal ini penting untuk menghindari duplikasi data, menyediakan metadata yang akurat, dan menghasilkan data statistik yang berkualitas.


"Pemberian rekomendasi statistik ini juga penting karena tercantum dalam Permendagri 18 Tahun 2020 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah," ujar Tina.


Tina menambahkan, sejak Juni 2023, pemberitahuan rancangan kegiatan statistik sektoral dilakukan melalui Aplikasi Romantik Online. Hal ini memudahkan OPD untuk secara mandiri memberitahukan rancangan kegiatan statistiknya secara online.


"Pada kegiatan COSMIC ini, OPD akan didampingi oleh coach yang akan membantu dalam pengisian formulir rekomendasi kegiatan statistik sektoral," jelas Tina.


Tina berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman OPD tentang pentingnya rekomendasi kegiatan statistik dan mendorong terwujudnya Satu Data Indonesia di Sulbar.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik