17 Januari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya
Mamuju - Konsumen BPS Provinsi Sulawesi Barat tetap menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelayanan yang diberikan, seperti terungkap dalam hasil Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) tahun 2023 yang mencapai 94,15. Nilai ini mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh BPS Provinsi Sulawesi Barat masih tetap sangat baik.
Data kepuasan konsumen pada tahun 2023 diperoleh melalui Survei Kebutuhan Data (SKD) BPS Provinsi Sulawesi Barat yang dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2023. Selain memberikan gambaran tentang tingkat kepuasan konsumen, SKD2023 juga menggambarkan karakteristik pengguna data serta jenis data yang paling dibutuhkan.
Menurut hasil SKD 2023, konsumen di PST BPS Provinsi Sulawesi Barat masih didominasi oleh laki-laki sebanyak 66,20 persen, sedangkan 33,80 persen sisanya adalah konsumen perempuan. Sementara itu, sebanyak 45,07 persen konsumen memiliki tingkat pendidikan D4/S1, dan 60,56% memiliki pekerjaan utama sebagai PNS/TNI/POLRI. Mayoritas konsumen berasal dari pemerintah daerah sebesar 47,89 persen, dengan pemanfaatan data paling banyak digunakan untuk kebutuhan pemerintahan sebesar 66,20 persen.
Ragam data yang paling dibutuhkan oleh konsumen adalah data statistik sosial, mencakup 77,30 persen dari total pengguna data, dengan data kemiskinan sebagai jenis data yang paling banyak dicari (102 orang-data), diikuti oleh data kependudukan (93 orang-data). Level data provinsi menjadi yang paling banyak dicari oleh konsumen, mencapai 53,69 persen. Mayoritas konsumen PST BPS Provinsi Sulawesi Barat masih membutuhkan data dengan periode tahunan, sebanyak 85,71 persen.
Hasil SKD 2023 menunjukkan bahwa konsumen tetap puas terhadap aspek pelayanan, akses data, dan sarana prasarana yang disediakan oleh BPS Provinsi Sulawesi Barat, dengan persentase kepuasan lebih dari 98 persen. Kepuasan pengguna data juga tercermin pada aspek kualitas data, dimana lebih dari 89,16 persen konsumen menyatakan puas terhadap kualitas data yang disediakan. Nilai IKK terhadap kualitas data pada tahun 2023 mencapai 94,15, menegaskan bahwa kualitas data BPS Provinsi Sulawesi Barat tetap berada dalam kategori sangat baik.
Terkait dengan hasil SKD 2023, Tina Wahyufitri, Kepala BPS Provinsi Sulawesi Barat, menyatakan bahwa umpan balik dari konsumen akan menjadi pedoman untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan BPS Provinsi Sulawesi Barat agar dapat lebih memenuhi kebutuhan pengguna data. Hal ini disampaikan dalam rilis hasil SKD 2023 di awal bulan ini.
Berita Terkait
BPS Sulbar Gelar FGD Reviu Standar Pelayanan Publik
BPS Sulbar Gelar Level Up: Internalisasi Budaya Pelayanan Prima
BPS Sulbar Selesaikan Evaluasi, Data ST2023 Siap Dirilis
BPS Sulbar Gelar Pelatihan SKU untuk Tingkatkan Kualitas Data
BPS Sulbar Sosialisasikan Hasil EPSS 2023 kepada Tim Penilai Internal EPSS Sulbar
Tutup Pelatihan Petugas, Kepala BPS Sulbar Ingatkan Pentingnya Kualitas Data
Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10
Mamuju
Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id
WhatsApp: 0822-9338-2522
Tentang Kami