BPS Sulbar Sosialisasikan Hasil EPSS 2023 kepada Tim Penilai Internal EPSS Sulbar - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

BPS Sulbar Sosialisasikan Hasil EPSS 2023 kepada Tim Penilai Internal EPSS Sulbar

BPS Sulbar Sosialisasikan Hasil EPSS 2023 kepada Tim Penilai Internal EPSS Sulbar

27 Desember 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat mengadakan kegiatan sosialisasi untuk memaparkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2023 kepada Tim Penilai Internal EPSS Sulbar. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Barat pada tanggal 27 Desember 2023. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan statistik sektoral di tingkat provinsi.


Acara dibuka oleh Kepala BPS Sulawesi Barat, Tina Wahyufitri, yang menyampaikan pentingnya EPSS untuk mengukur kematangan penyelenggaraan statistik sektoral. "EPSS ini merupakan proses penilaian yang dilakukan BPS secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral," ungkapnya.


Sosialisasi dihadiri oleh Tim Penilai Badan EPSS BPS Sulbar dan Tim Penilai Internal EPSS Sulbar. Mereka memainkan peran penting dalam menilai sejauh mana proses penyelenggaraan statistik sektoral telah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini menjadi forum interaktif untuk berbagi hasil evaluasi, diskusi mengenai temuan, dan penyusunan langkah perbaikan di masa mendatang.


Pada kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Sulbar, Djunda Maulana juga memberikan sambutan, mengapresiasi upaya BPS dalam meningkatkan kualitas statistik sektoral. "Data statistik yang berkualitas adalah dasar yang kuat untuk perencanaan pembangunan di tingkat daerah. Kami berharap hasil evaluasi ini dapat menjadi panduan yang baik untuk perbaikan dan pengembangan kebijakan di masa yang akan datang," ujarnya.


Berdasarkan paparan hasil evaluasi, terlihat bahwa masih banyak aspek-aspek yang perlu ditingkatkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dalam melakukan penyelenggaraan statistik sektoral. BPS Sulbar memberikan apresiasi atas transparansi dan kerja sama yang terjalin dalam proses evaluasi ini.


Acara ditutup dengan kesepakatan untuk melibatkan Tim Penilai Internal EPSS Sulbar secara terus-menerus dalam proses evaluasi di masa mendatang. Pemerintah Daerah Sulbar dan BPS Sulbar berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas data statistik sektoralnya, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mendukung pembangunan di Provinsi Sulawesi Barat.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik