Peningkatan Pemahaman, BPS Sulbar Menjadi Narasumber Pelatihan Wartawan Ekonomi - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Peningkatan Pemahaman, BPS Sulbar Menjadi Narasumber Pelatihan Wartawan Ekonomi

Peningkatan Pemahaman, BPS Sulbar Menjadi Narasumber Pelatihan Wartawan Ekonomi

7 Desember 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


[Mamuju, 7 Desember 2023] - Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat (BI Sulbar) menyelenggarakan Pelatihan Wartawan Ekonomi pada Kamis (7/12) di Hotel Grand Maleo, Mamuju. Kegiatan dilaksanakan dengan maksud agar kolaborasi dengan media-media yang ada di Sulawesi Barat semakin kuat. Harapannya kegiatan ini bisa meningkatkan pemahaman wartawan akan data-data ekonomi.


BPS Sulbar menjadi narasumber utama di antara narasumber-narasumber lain menyampaikan materi mengenai inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan penulisan berita statistik yang baik. Penyampaian materi didahului dari BI Sulbar yang menyampaikan tentang Kebanksentralan dan Perkembangan Perekonomian Sulawesi Barat. Achmad, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulbar menyampaikan bahwa Bank Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas nilai rupiah dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. "BI Sulbar secara rutin membuat laporan perekonomian. Sangat penting untuk mengetahui interpretasi datanya agar bisa dikomunikasikan dengan baik," jelas Achmad.


BPS Sulbar sebagai penyedia data tentang inflasi juga menyampaikan materi. Dina Srikandi, statistisi muda, menyampaikan tentang pentingnya data yang berkualitas inflasi. "Inflasi dihitung dan dirilis setiap bulan. Inflasi menggambarkan tingkat perubahan harga di tingkat konsumen. Setiap orang bisa mengakses datanya," terang Dina.


Sementara itu, materi tentang pertumbuhan ekonomi disampaikan oleh Mohamad La'bi, statistisi madya. Beliau menyampaikan bagaimana menginterpretasikan dari setiap angka pertumbuhan ekonomi, seperti pertumbuhan kuartalan, kumulatif, dan tahunan. Beliau juga menyampaikan peran dari setiap sektor perekonomian dan pentingnya memaknai angka pertumbuhan dengan tepat. "Ketika kita membandingkan antartriwulan berarti melihat pengaruh musiman, jadi akan berfluktuasi, kalau tahunan berarti akan lebih objektif membandingkannya karena relatif sama fenomenanya," terang La'bi. "Peranan dari setiap sektor menggambarkan potensi Sulbar, sedangkan peran dari setiap kabupaten menggambarkan kontribusinya dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi Sulbar," lanjut La'bi.


Pada akhir acara, Kepala BPS Sulbar, Tina Wahyufitri, juga menyampaikan sedikit materi tentang bagaimana membahasakan statistik dalam berita. Beliau mencoba berbagi mengenai metode STAR, yakni situation, task, action, dan result, merupakan unsur dalam berita yang menarik. "Wartawan dan BPS adalah mitra. BPS menghasilkan data dan wartawan yang menyebarkan melalui pemberitaan," terang Tina. Beliau berharap agar sinergi yang ada bisa terus ditingkatkan.


Peserta dari wartawan menyampaikan harapan kepada BPS agar bisa diundang untuk setiap kegiatan dan rilis data. Paling tidak bisa saling bergantian antarmedia yang ada. (*)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik