Kepala BPS Sulbar Menjadi Narasumber dalam Penelitian Kepemimpinan Transformasional - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Kepala BPS Sulbar Menjadi Narasumber dalam Penelitian Kepemimpinan Transformasional

Kepala BPS Sulbar Menjadi Narasumber dalam Penelitian Kepemimpinan Transformasional

1 Juli 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Mamuju, 1 Juli 2024 – Kepala BPS Sulbar, Tina Wahyufitri, menjadi salah satu narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) dalam Penelitian Kepemimpinan Transformasional yang dilaksanakan oleh peneliti dari Politeknik STIA LAN Makassar. Kegiatan yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Sekda ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfopers serta beberapa unsur pimpinan lain pada Senin (1/7). 

Penelitian ini bersifat kualitatif dengan berusaha menggali dari para narasumber, yakni pimpinan di Pemerintahan Sulawesi Barat, baik instansi vertikal maupun Pemerintah Daerah. Tim peneliti terdiri atas dosen Politeknik STIA LAN, Najmi Kamariah dan Aulia Rahman, serta Sekretaris Daerah Sulbar, Muhammad Idris. 

Najmi menjelaskan latar belakang pemilihan Sulawesi Barat adalah menjadi daerah dengan peningkatan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) 2022-2023, sehingga perlu dilakukan kajian apa saja yang mendorong prestasi tersebut. “IDSD Sulawesi Barat meningkat paling tinggi pada tahun 2023 menjadi alasan pemilihan Sulbar menjadi lokus penelitian,” terang Najmi. Lebih jauh Aulia menjelaskan bahwa kriteria pemimpin transformasional berdasarkan kajian dari BRIN dan penelitian lainnya yang perlu dilakukan kajian lebih mendalam dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. “Kami akan mengumpulkan data makro dari BPS Sulbar dan data primer dari wawancara langsung kepada para narasumber,” ulas Aulia.

Tina Wahyufitri, mengapresiasi apa yang dilakukan tim penelitian ini dan sangat terbuka untuk menyediakan data yang dibutuhkan, baik data sekunder maupun data primer. “Jika membutuhkan data dan diskusi lebih banyak, saya akan meluangkan waktu di kantor,” terang Tina. “Kami juga memiliki layanan data yang terbuka setiap saat yang disebut Pelayanan Statistik Terpadu (PST),” lanjut Tina.

Najmi sangat berterima kasih atas apresiasi dan penyambutan yang luar biasa dari Kepala BPS Sulbar. Beliau berharap bisa terus melanjutkan diskusi hingga nanti penelitiannya selesai dan bisa memberikan sumbangsih nyata bagi bangsa. (*)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik