Implementasi COSMIC, BPS Sulbar Menjadi Narasumber Pengelolaan Data Pembangunan Daerah - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Implementasi COSMIC, BPS Sulbar Menjadi Narasumber Pengelolaan Data Pembangunan Daerah

Implementasi COSMIC, BPS Sulbar Menjadi Narasumber Pengelolaan Data Pembangunan Daerah

12 September 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat mengimplementasikan salah satu inovasi andalan, yakni COSMIC (Coaching Statistik Melalui Intensive Class). BPS Provinsi Sulawesi Barat melakukan pembinaan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Sulawesi Barat pada Senin (12/9). Muhammad Nurbakti dan Misnawati Mansur dipercaya menjadi narasumber yang tentang pentingnya perencanaan pembangunan dengan data. Peserta pembinaan terdiri atas tim kerja perencanaan BAPPEDA Provinsi Sulawesi Barat dengan didampingi Sekretaris BAPPEDA.

“Data adalah sumber kekayaan baru, data yang valid merupakan salah satu kunci pembangunan,” kata Nurbakti mengutip salah satu pidato presiden pada beberapa kesempatan. Nurbakti juga menyampaikan pentingnya untuk selalu membekali diri agar tidak tertinggal. “Disrupsi memaksa kita untuk bekerja cepat dan tepat, sehingga data yang baik akan menjadi modal dalam perencanaan pembangunan,” terangnya.

Nurbakti juga menyampaikan beberapa inovasi BPS Provinsi Sulawesi Barat yang bisa diakses kapan dan di mana saja, seperti Pride Sulbar, Dasita’ Marasa, dan COSMIC. Pride Sulbar menampilkan semua bentuk pembinaan data statistik sesuai standar SDI dan GSBPM. Dasita’ Marasa menampilkan berbagai publikasi yang dirilis BPS Provinsi Sulbar, serta COSMIC merupakan layanan pembinaan data dengan intensif kelas.

Saat pemaparan yang disampaikan Misnawati, peserta pembinaan sangat antusias menyimak materi mengenai analisis dan penyajian data serta proaktif bertanya. “Kadang kami menerima data sektoral dari OPD yang datanya kurang meyakinkan, bagaimana melakukan kontrol agar data tersebut bisa dipertanggungjawabkan dalam penyajiannya?” tanya Saeful, salah satu peserta. Misna menjelaskan bahwa memang dibutuhkan pengamatan yang teliti untuk melihat konsistensi data, mengkonfirmasi kepada OPD yang bersangkutan, serta melakukan FGD sebelum merilis data tersebut.

Pada akhir acara, sekretaris BAPPEDA, Muh. Darwis mengapresiasi dan berterima kasih kepada tim BPS Provinsi Sulbar yang selalu meluangkan waktunya untuk memberikan pemaparan materi pembinaan. (*Ardian)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik