Menyusun Metadata Statistik, BPS Sulbar Menyelenggarakan COSMIC - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Menyusun Metadata Statistik, BPS Sulbar Menyelenggarakan COSMIC

Menyusun Metadata Statistik, BPS Sulbar Menyelenggarakan COSMIC

29 November 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


[Mamuju, 28 November 2023] – Ketua Tim Metadata Statistik, Muhammad Said, membuka kegiatan Coaching Statistik Melalui Intensive Class (COSMIC) pada Selasa (28/11) di Aula BPS Sulbar. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh metada statistik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Sesuai dengan Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia diharuskan setiap data yang dihasilkan agar dilengkapi dengan metadata,” buka Said.


Kegiatan ini mengidentifikasi metadata statistik dari setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD atau kegiatan statistik sektoral. Metadata merupakan informasi terstruktur yang mendeskripsikan suatu informasi dan menjadikannya mudah ditemukan, digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi. “Metadata kegiatan statistik sektoral memuat informasi yang mendokumentasikan tentang penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral,” lanjut Said.


Peserta yang hadir terdiri atas 10 dinas untuk hari pertama (28/11) dan 9 dinas pada hari kedua (29/11). Terdiri atas Bappeda, Diskominfopers, BPBD, DKP, Dinas Ketapang, Dinas Pariwisata, DPMPTSP, Disdikbud, Dinas Perkebunan, Dinsos, Dispora, Dinkes, Dinas PUPR, Dinas PMD, DP3AP2KB, Disperindagkop UKM, Dishub, Dinas PHP, dan Disnaker di tingkat Provinsi Sulawesi Barat. Penanggung jawab statistik sektoral atau walidata, Erik Kalalembang, menyampaikan apresiasi kepada BPS dan semua peserta yang telah hadir. “Apresiasi yang sebesar-besarnya untuk BPS yang selalu ada dalam pembinaan statistik sektoral serta semua peserta yang telah mengikuti acara dengan baik,” ucap Erik.


Masing-masing perwakilan dari dinas didampingi oleh coach dari BPS untuk menjelaskan mengenai metadata statistik sektoral dan bagaimana menyusun suatu kegiatan yang memenuhi standar satu data Indonesia. Hampir semua dinas telah mendapat rekomendasi statistik sektoral yang juga dilaksanakan oleh BPS Sulbar pada kegiatan sebelumnya. Hal ini sangat memudahkan dalam penyusunan metadatanya. Hasilnya, semua bisa diselesaikan dengan baik sesuai waktu yang direncanakan.


Kegiatan COSMIC diakhiri dengan penyampaian singkat dari Muhammad Said, Penanggung Jawab Kegiatan. Said berpesan agar apa yang telah diterima oleh perwakilan dinas bisa dibagikan kepada teman-teman lain di dinas masing-masing. “Diharapkan agar kegiatan kita selalu bisa berkelanjutan atau tidak selalu dimulai dari nol seperti kata petugas SPBU,” canda Said. Beliau menekankan agar semuanya bisa semakin baik dalam kegiatan statistik dan penyajiannya.


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik