Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Barat Triwulan II-2024 Capai 4,30 Persen, Didorong Sektor Pertanian - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Barat Triwulan II-2024 Capai 4,30 Persen, Didorong Sektor Pertanian

Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Barat Triwulan II-2024 Capai 4,30 Persen, Didorong Sektor Pertanian

5 Agustus 2024 | Kegiatan Statistik


Mamuju, 5 Agustus 2024 – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat mengumumkan pertumbuhan ekonomi yang menggembirakan pada triwulan II-2024. Perekonomian Sulawesi Barat tumbuh sebesar 4,30 persen secara tahunan (y-on-y), didorong oleh peningkatan yang signifikan pada sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan.


Kepala BPS Provinsi Sulawesi Barat, Tina Wahyufitri, menyampaikan, "Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat pada triwulan II-2024 menunjukkan resiliensi dan potensi yang kuat. Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan menjadi motor penggerak utama, memberikan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan."


Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sulawesi Barat atas dasar harga berlaku mencapai 16,30 triliun rupiah pada triwulan II-2024. Selain pertumbuhan tahunan yang positif, ekonomi Sulawesi Barat juga mencatat pertumbuhan sebesar 7,24 persen dibandingkan triwulan sebelumnya (q-to-q).


"Pertumbuhan ekonomi yang kuat ini tidak hanya terjadi pada sektor pertanian, tetapi juga didorong oleh peningkatan konsumsi rumah tangga dan pengeluaran pemerintah," tambah Tina Wahyufitri.


Secara kumulatif, ekonomi Sulawesi Barat pada triwulan II-2024 (kumulatif triwulan I dan II tahun 2024) tumbuh sebesar 5,13 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (c-to-c).


Meskipun pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat merupakan yang tertinggi kedelapan di Kawasan Sulawesi Maluku Papua pada triwulan II-2024, pencapaian ini tetap menunjukkan perkembangan positif dan potensi yang besar bagi pembangunan ekonomi daerah.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik