BPS Mamuju Siapkan Petugas PODES 2024, Kepala BPS Sulbar Beri Arahan - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

BPS Mamuju Siapkan Petugas PODES 2024, Kepala BPS Sulbar Beri Arahan

BPS Mamuju Siapkan Petugas PODES 2024, Kepala BPS Sulbar Beri Arahan

29 April 2024 | Kegiatan Statistik


Mamuju, 29 April 2024 – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mamuju menggelar pelatihan bagi para calon petugas Pendataan Potensi Desa (PODES) tahun 2024 di Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala BPS Sulbar, Tina Wahyufitri, pada hari Senin (29/4/2024).


Dalam sambutannya, Tina menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh calon petugas atas kerja keras dan komitmen dalam menyelesaikan semua kegiatan statistik. Ia menjelaskan bahwa PODES merupakan pendataan lengkap kewilayahan satu-satunya yang dilakukan BPS. Data Podes mampu menggambarkan potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah sampai tingkat desa. Data ini juga digunakan sebagai salah satu persiapan Sensus Ekonomi (SE) 2026.


“PODES 2024 akan mencakup seluruh wilayah administrasi setingkat desa, kecamatan, dan kabupaten/kota di Indonesia,” jelas Tina. “Di Mamuju, terdapat 101 desa/kelurahan, 11 kecamatan, dan 1 kabupaten/kota yang akan didata.”


PODES 2024 memiliki beberapa hal baru dibandingkan dengan PODES sebelumnya, yaitu penyampaian data Pre Pendataan Podes 2024 ke setiap desa sebagai bentuk komitmen BPS dalam memberikan salinan data hasil Podes yang bersumber dari desa. Pemanfaatan data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) untuk data bersesuian pada aplikasi dan penyediaan predefine daftar infrastruktur untuk Kuesioner Podes 2024 Kecamatan dan Kabupaten/Kota. Dashboard monitoring ID-IKG untuk memantau kewajaran nilai Indeks Desa (ID) dan Indeks Kesulitan Geografis (IKG).

Pesan Kepada Peserta Pelatihan


Tina berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dengan seksama dan menanyakan jika ada hal yang belum dipahami. Ia juga mengingatkan agar para petugas memastikan aplikasi pendataan telah terinstal di ponsel mereka dan dapat digunakan dengan baik.


“Pastikan Anda semua mengikuti jadwal yang telah ditetapkan dan membahas poin-poin penting yang kira-kira terjadi di lapangan,” pesan Tina. “Buatlah media komunikasi dan diskusikan jika ada permasalahan terkait kegiatan pendataan.”


Pelatihan PODES 2024 ini diharapkan dapat menghasilkan petugas yang kompeten dan profesional dalam melakukan pendataan potensi desa. Data yang dihasilkan nantinya akan menjadi data dasar yang penting bagi perencanaan pembangunan di berbagai tingkatan.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik