MAMUJU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat kembali melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat sesuai PermenpanRB Nomor 14 Tahun 2017 yang dikemas dalam Survei Kebutuhan Data (SKD) 2021. Kegiatan survei ini bertujuan untuk mendapatkan bahan evaluasi dari pengguna data dalam rangka peningkatan kualitas data dan informasi statistik serta peningkatan pelayanan, mengetahui jenis data yang dibutuhkan pengguna data serta mengetahui tingkat kepuasan pengguna data terhadap kualitas dan pelayanan yang telah diberikan.
Pelaksanaan SKD 2021 berlangsung pada bulan Juni - Agustus 2021 kepada pengguna data yang melakukan kunjungan langsung ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) maupun pengguna yang menggunakan layanan online BPS.
Kegiatan SKD 2021 telah berhasil menjaring respon dari 71 pengguna data. Hasilnya menunjukkan bahwa pengguna data didominasi oleh laki-laki yaitu sebesar 67,61%. Selain itu, 50,70% pengguna data memiliki jenjang pendidikan tertinggi D4/S1. Pekerjaan utama pengguna data didominasi oleh PNS/TNI/Polri sebesar 66,20%. Dalam mengakses data, 60,82% pengguna data menggunakan website BPS untuk mengakses data BPS.
Dari sisi kepuasan konsumen data terlihat bahwa pengguna data puas terhadap kualitas maupun layanan BPS Provinsi Sulawesi Barat. Hasil SKD 2021 menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) terhadap pelayanan BPS sebesar 94,33, yang artinya pelayanan kepada pengguna data masuk dalam kategori sangat baik. Selain itu nilai IKK terhadap kualitas data BPS sebesar 94,71 yang artinya kualitas data yang diberikan oleh BPS juga masuk dalam kategori sangat baik. Sementara itu, analisis SKD 2021 juga menghasilkan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) sebesar 96,55. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan anti korupsi sangat diterapkan di Pelayanan Statistik Terpadu.
Kepuasan pengguna data juga ditunjukkan dengan melihat persentase konsumen yang puas terhadap beberapa aspek yang diberikan oleh BPS Provinsi Sulawesi Barat. Persentase konsumen yang merasa puas terhadap akurasi data BPS sebesar 100%, hal ini menunjukkan bahwa seluruh pengguna data merasa puas dengan akurasi data yang telah diberikan. Selain itu persentase konsumen yang puas terhadap kelengkapan data sebesar 97,75%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat 97,75 persen pengguna data yang puas terhadap kelengkapan data yang diberikan oleh BPS Provinsi Sulawesi Barat. Sementara itu terkait kemutakhiran data, terdapat 90,54 persen pengguna data yang merasa puas terhadap kemutakhiran data yang diberikan.
Secara umum hasil SKD 2021 sudah menunjukkan hasil yang memuaskan. Saran perbaikan yang disampaikan oleh konsumen juga menjadi bahan evaluasi untuk dapat mempertahankan atau meningkatkan pelayanan dan kualitas BPS Provinsi Sulawesi Barat di tahun mendatang.