BPS Provinsi Sulawesi Barat kembali melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat. Bertajuk Survei Kebutuhan Data 2020, BPS Provinsi Sulbar mengumpulkan informasi mengenai kepuasan pengunjung yang menggunakan pelayanan khususnya tentang data. Adapun responden yang dicakup dalam survei ini mencakup pengunjung offline dan online baik melalui email maupun Chat Whatsapp.
Pelaksanaan Survei Kebutuhan Data (SKD) ini bertujuan untuk mendapatkan bahan evaluasi dari konsumen sebagai pendukung peningkatan kualitas data dan pelayanan PST BPS. SKD 2020 diselenggarakan di 515 satuan kerja BPS, yaitu di BPS Pusat, 34 BPS Provinsi, dan 480 BPS Kabupaten/Kota. Realisasi jumlah responden SKD 2020 di BPS Provinsi Sulawesi Barat sebesar 72 responden. Pengumpulan data dilakukan dalam kurun waktu Juni–September 2020 oleh responden dengan mengisi kuesioner sendiri (self enumeration) melalui pencacahan manual dan pencacahan elektronik (online).
Hasil SKD 2020 dianalisis untuk memperoleh informasi mengenai karakteristik konsumen, performa unit layanan, perilaku anti korupsi, kebutuhan data, dan kepuasan konsumen terhadap kualitas data.Beberapa indikator utama yang dihasilkan antara lain Indeks Kepuasan Konsumen (IKK), Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK), dan persentase konsumen yang puas terhadap pelayanan dan kualitas data BPS.
Hasilnya sangat memuaskan. Kepuasan konsumen terhadap pelayanan di PST BPS Provinsi Sulawesi Barat digambarkan melalui IKK terhadap Pelayanan PST BPS Provinsi Sulawesi Barat. Nilai IKK terhadap Pelayanan PST pada tahun 2020 adalah 92,96. Artinya, kualitas pelayanan di PST masuk kategori sangat baik. Sementara itu, Kepuasan konsumen terhadap perilaku anti korupsi di PST BPS Provinsi Sulawesi Barat digambarkan melalui IPAK. Nilai IPAK tahun 2020 adalah 95,18. Artinya, perilaku anti korupsi sangat diterapkan dalam pelayanan di PST BPS Provinsi Sulawesi Barat.
Secara umum, konsumen merasa puas terhadap data yang diperoleh dari penyedia data BPS Provinsi Sulawesi Barat yang ditunjukkan dengan persentase konsumen yang merasa puas terhadap kualitas data BPS sebesar 98,75%. Disamping itu, persentase konsumen yang puas terhadap data juga disajikan menurut dimensi kualitas data, yaitu kelengkapan data, akurasi data, dan kemutakhiran data. Lebih dari 97% konsumen merasa puas terhadap masing-masing dimensi kualitas data tersebut. Sebanyak 97,92%konsumen merasa puas dengan kelengkapan data, 100,00% konsumen merasa puas dengan akurasi data, serta 97,50% konsumen merasa puas dengan kemutakhiran data.
Kepuasan konsumen terhadap kualitas data untuk penyedia data BPS Provinsi Sulawesi Barat digambarkan melalui IKK terhadap Kualitas Data. Nilai IKK terhadap Kualitas Data untuk penyedia data BPS Provinsi Sulawesi Barat adalah 92,14. Artinya, kualitas data dari penyedia BPS Provinsi Sulawesi Barat masuk dalam kategori sangat baik.