Perkembangan Pariwisata Sulawesi Barat Mencatat Peningkatan Signifikan - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat

FAQ Website (KLIK DISINI)

Mari bergabung dengan BPS melalui Pengadaan CASN Tahun 2024, info selengkapnya KLIK DISINI

Nilai dan sampaikan apresiasi/saran/pengaduan terhadap layanan kami  KLIK DISINI

Perkembangan Pariwisata Sulawesi Barat Mencatat Peningkatan Signifikan

Perkembangan Pariwisata Sulawesi Barat Mencatat Peningkatan Signifikan

1 Februari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Mamuju – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat, Tina Wahyufitri, menyampaikan perkembangan sektor pariwisata di provinsi tersebut pada bulan Desember 2023. Pengumuman ini dilakukan di Aula BPS Provinsi Sulawesi Barat (01/02). 


Menurut data yang dirilis, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Klasifikasi Bintang di Provinsi Sulawesi Barat pada bulan Desember 2023 mencapai 48,14 persen, mengalami kenaikan signifikan sebesar 5,01 poin dibandingkan dengan bulan November 2023. Sementara TPK Hotel non Bintang atau Akomodasi Lainnya mengalami penurunan sebesar 1,32 poin menjadi 19,92 persen.


Tina menyampaikan, "Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa sektor pariwisata di Sulawesi Barat menunjukkan peningkatan yang signifikan pada bulan Desember 2023. Tingkat Penghunian Kamar Hotel Klasifikasi Bintang mencapai 48,14 persen, menggambarkan daya tarik wisata yang meningkat di wilayah kami."


Rincian lainnya mengungkapkan bahwa Rata-Rata lama menginap tamu Nusantara pada Hotel Klasifikasi Bintang mengalami penurunan sebesar 0,21 hari, menjadi 1,11 hari. Meskipun tidak terdapat tamu asing yang menginap pada Hotel Klasifikasi Bintang selama Desember 2023, namun rata-rata jumlah tamu per kamar mengalami kenaikan sebesar 0,06 poin menjadi 1,99 orang.


Di sisi lain, TPK pada Hotel non Bintang atau Akomodasi Lainnya pada bulan Desember 2023 sebesar 19,92 persen, menunjukkan penurunan sebesar 1,32 poin dari bulan sebelumnya. Meskipun demikian, rata-rata lama menginap tamu Nusantara mengalami kenaikan sebesar 0,03 hari menjadi 1,09 hari. Sementara rata-rata jumlah tamu per kamar tidak mengalami perubahan signifikan.


Dari perbandingan dengan provinsi-provinsi lain di Pulau Sulawesi, Sulawesi Barat berada pada tingkat TPK Hotel Klasifikasi Bintang tertinggi sebesar 48,14 persen. Meskipun demikian, terdapat peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 29,92 persen.


Melalui pencapaian ini, Sulawesi Barat menunjukkan potensinya sebagai destinasi wisata yang menarik, dan BPS terus berupaya menyediakan data yang akurat dan terkini untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di provinsi ini.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS-Statistics of Sulawesi Barat Province)Jl. RE Martadinata No. 10

Mamuju

Mailbox : bps.sulbar@bps.go.id

WhatsApp: 0822-9338-2522

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik