Pelayanan Statistik Terpadu

Profil Pelayanan Statistik Terpadu
kantor_BPS_SulbarBadan Pusat Statistik (BPS) sebagai instansi pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab untuk menyebarluaskan hasil kegiatan statistik yang diperolehnya kepada masyarakat. Pesan ini dituangkan pada visi BPS, sebagai pelopor data statistik terpercaya untuk semua, Penjabaran visi BPS ini secara tegas dicantumkan pada salah satu misinya yaitu Meningkatkan kualitas pelayanan informasi statistik bagi semua pihak. Untuk mewujudkan misi ini, BPS Provinsi Sulawesi Barat melalui Bidang Integrasi Pengolahan Data dan Diseminasi Statistik (IPDS) menyatukan berbagai jenis pelayanan ke dalam satu bentuk Pelayanan Statistik Terpadu (PST).

Lobi

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) tersebut juga menjadi salah satu program quick wins dalam rangka reformasi birokrasi BPS secara. Program PST ini akan dilaksanakan di BPS provinsi/kabupaten/kota perlu segera diwujudkan, setidaknya pada 33 BPS provinsi serta 1 BPS kabupaten dan 1 BPS kota setiap provinsi. Program quick wins BPS yang lain adalah Advance Release Calendar (ARC) dan website.


rakSelama ini, pelayanan yang diberikan oleh BPS kepada masyarakat masih dilakukan secara silo, yaitu setiap bagian di BPS memberikan pelayanan secara terpisah dan terpilah. Pelayanan semacam ini mengakibatkan banyak pengguna yang mengalami kebingungan. Selain itu, pelayanan ini juga menjadi tidak efektif karena terlalu banyak unit yang harus dihubungi oleh pengguna. Oleh sebab itu, Direktorat Diseminasi Statistik, mencanangkan Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang merupakan pelayanan satu pintu (one gate services) dan juga one stop services.

Pelayanan Statistik Terpadu merupakan pelayanan yang didasarkan pada efisiensi dan efektivitas pelayanan dengan memadukan berbagai unit yang tersebar namun berhubungan satu dengan lainnya dan bersifat silo. Penyatuan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kepuasan konsumen. Tahap Pelayanan Statistik Terpadu mulai dari pengunjung, tamu datang sampai pengunjung pulang dapat dilihat pada gambar berikut ini:

alur
Bagan Alur Pelayanan Statistik Terpadu

Mekanisme pelayanan yang dilakukan pada PST dapat dipilah sesuai dengan jenis pelayanan yang terdapat dalam PST tersebut.

  • Perpustakaan Tercetak, Pelayanan pustaka tercetak merupakan layanan yang diberikan kepada konsumen data/pengguna dengan cara mengakses buku publikasi berupa hardcopy secara langsung pada ruang khusus (baca).

  • Pustaka Digital, Layanan perpustakaan digital (digilib) adalah layanan yang disediakan bagi pengunjung untuk mengakses koleksi pustaka dengan cara mengakses buku publikasi berupa softcopy secara langsung pada ruang khusus melalui fasilitas komputer. Koleksi pustaka pada layanan perpustakaan digital tersimpan dalam format pdf.

  • Permintaan Data Mikro, Layanan statistik yang diberikan oleh BPS, tidak hanya berupa statistik yang telah di release melalui publikasi atau press release, tetapi juga berupa data mikro/raw data yang memuat keterangan individu. Penyediaan data mikro dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peneliti, akademisi, dan pengguna data lainnya baik dari instansi pemerintah, swasta, lembaga pendidikan maupun lembaga penelitian untuk membuat kajian yang lebih rinci.

  • Konsultasi dan Rekomendasi Statistik, Pelayanan konsultasi statistik merupakan pelayanan yang memberikan penjelasan mengenai metodologi dan cara penghitungan berbagai indikator statistik. Sedangkan pelayanan rekomendasi merupakan pelayanan yang diberikan kepada instansi pemerintah yang akan menyelenggarakan kegiatan survei.

  • Penjualan Publikasi Statistik, Penjualan publikasi statistik dilakukan sesuai dengan PP No. 54 Tahun 2009 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak, yang terdiri dari publikasi hasil sensus, publikasi hasil survei, publikasi hasil kompilasi statistik seperti Daerah Dalam Angka. Penjualan publikasi tersebut dapat berupa hardcopy/softcopy. Di samping itu dijual juga berbagai produk statistik yang meliputi peta digital dan data mikro.

standar

maklumat tata tertib moto

Untuk permintaan data atau ingin memiliki publikasi yang diterbitkan oleh BPS Provinsi Sulawesi Barat, silahkan datang ke kantor kami dan mengunjungi perpustakaan (Pelayanan Statistik Terpadu). Permintaan data dapat dilayani dalam bentuk hardcopy maupun softcopy.

Proses penyerahan publikasi kepada pihak perseorangan atau swasta sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2009 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Badan Pusat Statistik dikenakan tarif PNBP. Untuk pihak tertentu dapat dikenakan tarif Rp, 0,00 atau nol Rupiah berdasarkan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 1 Tahun 2012 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Rp. 0,00 (Nol Rupiah) Terhadap Pihak Tertentu Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Badan Pusat Statistik.

Pihak tertentu yang dimaksud terdiri atas:

  1. instansi pemerintah pusat dan daerah;
  2. lembaga negara;
  3. perwakilan negara asing; atau
  4. lembaga internasional.

Pengenaan tarif sebesar Rp. 0,00 (Nol Rupiah) terhadap pihak tertentu dapat diberikan apabila terpenuhi dokumen persyaratan sebagai berikut :

  1. untuk instansi pemerintah pusat, melampirkan surat permohonan yang ditandatangani oleh pimpinan instansi pusat, atau yang mewakili paling rendah setingkat eselon I;
  2. untuk instansi pemerintah daerah, melampirkan surat permohonan yang ditandatangani oleh pimpinan instansi daerah, atau yang mewakili paling rendah setingkat eselon II;
  3. untuk lembaga negara, melampirkan surat permohonan yang ditandatangani oleh pimpinan lembaga negara, atau yang mewakili paling rendah setingkat eselon I;
  4. untuk perwakilan negara asing, melampirkan surat permohonan yang ditandatangani oleh duta besar atau yang berwenang mewakilinya;
  5. untuk lembaga internasional, melampirkan surat permohonan yang ditandatangani oleh kepala lembaga internasional atau yang berwenang mewakilinya;

Format surat permohonan tarif Rp. 0,00 (nol Rupiah) dapat di download disini.

Permintaan data dapat dilakukan melalui email ke sulbar@bps.go.id dengan subject : Permintaan Data